top of page
Search

Art Jakarta Garden 2023


Pameran seni rupa dengan latar udara terbuka Art Jakarta Gardens kembali dibuka untuk kedua kalinya dengan mempresentasikan kombinasi karya seni rupa dalam dan luar ruang, dalam bentuk patung, instalasi, dan objek dua dimensi.


Art Jakarta Gardens 2023 diresmikan 7 Februari lalu oleh Direktur Jenderal kebudayaan Kemendikbud indonesia Hilmar Farid di Hutan Kota by Plataran, Senayan, Jakarta Pusat dan akan berlangsung hingga 12 Februari 2023. Hilmar Farid mengatakan “Art Jakarta Gardens tahun ini mencerminkan pembelajaran penting dari pandemi. Dengan hadirnya ajang seni rupa di Hutan Kota ini, kita dapat kembali melihat bagaimana seni dan alam berjalan berdampingan: tidak ada ekosistem seni yang sehat tanpa ekosistem alam yang sehat. Prakarsa Art Jakarta Gardens juga memperlihatkan perhatian dunia seni rupa kita pada persoalan kelestarian sumber daya alam yang dewasa ini semakin membutuhkan kreativitas dan terobosan baru. Dalam hal ini, seni bisa membantu kita membayangkan sustainable living yang dapat menjadi model bagi Normal Baru. Semoga pekan seni ini memantik kita semua untuk menggali inspirasi artistik bagi kehidupan yang lebih berkelanjutan.” Art Jakarta Gardens merupakan pameran seni rupa dengan latar udara terbuka di Hutan Kota by Plataran, Jakarta. Edisi perdananya pada 2022 merupakan terobosan dan inovasi oleh Art Jakarta, sebagai bagian dari MRA Group, selama masa pembatasan sosial akibat pandemi. Memadukan presentasi karya seni untuk dalam dan luar ruang, Art Jakarta Gardens memunculkan kesegaran baru di tengah kekosongan ajang seni rupa selama masa pembatasan sosial dalam pandemi. Direktur Artistik Art Jakarta Garden, Enin Supriyanto mengatakan, “Kami tidak menyangka kalau Art Jakarta Gardens tahun lalu mendapat tanggapan positif rekan-rekan galeri seni rupa, seniman, kolektor, dan pengunjung umum. Acara seni rupa di lingkungan luar ruangan seperti di Hutan Kota by Plataran ini memang memberikan suasana yang berbeda bagi pengunjung. Sementara, untuk karya patung atau instalasi, penempatan di lingkungan taman justru dapat menonjolkan kekuatan karya-karya tersebut. Harapan kami, Art Jakarta Gardens dapat menjadi inspirasi agar banyak karya seni rupa bisa tampil di ruang publik Jakarta di masa mendatang.”

Art Jakarta Garden memberikan kesempatan seniman-seniman yang berkarya seperti patung maupun instalasi luar ruang dengan memamerkan karya karya mereka dengan pantas dan selayaknya di luar ruang. Tahun ini Art Jakarta Garden memamerkan 23 karya seni luar ruang dalam bentuk instalasi maupun sculpture. Beberapa diantaranya yang menjadi sorotan yaitu Fx Harsono dengan karya kolaborasi bersama Bibit membawakan karya berjudul “The Light of Journey”, ada pula “Aquifer” karya hasil kolaborasi Digital Nativ bersama IForte yang mengangkat isu air tanah di Jakarta, dan beragam karya instalasi dan sculpture lainya.


Selain memamerkan karya luar ruang, terdapat 25 Galeri Seni yang memamerkan karya seni dalam ruangan, diantaranya ISA Art Gallery, Linda Gallery, ROH, dan lain-lainya. Tak hanya memamerkan karya karya seni baik luar maupun dalam ruang, Art Jakarta Garden juga menyajikan Program program menarik seperti Music Performance dan Music Workshop oleh Sofar Sounds Jakarta, Performance Art, dan juga Pottery Workshop.


Images: CAP copy right.


18 views0 comments

Comments


bottom of page